Tips: Cara Aman Bertransaksi di ATM

21 10 2012

alievhTips – Beberapa waktu yang lalu kita di hebohkan oleh pemberitaan pembobolan ATM ( Automatic Teller Machine ) yang terjadi di sejumlah kota besar di indonesia. Sebenarnya kejahatan perbankan sangat beragam dari yang halus sampai tindak kriminal kasar. Seperti, pencurian kartu ATM, hacking internet banking, skimming, social engineering terhadap pemilik rekening, serta kejahatan fisik ( yang termasuk kategori tindak kriminal kasar ) seperti perampokan bank. Bahkan seputar dunia wanita pun sangat rentan menjadi korbanya.
Skimming adalah proses pengopian data kartu magnetik secara ilegal proses ini melalui tahap – tahap berikut :

  1. Pencuri data mengetik sebuah kartu ATM.
  2. Pembuatan duplikasi kartu berdasarkan data yang di dapat.
  3. Pengintaian atau perekaman PIN.
  4. pencocokan dan proses pemindahan atau penarikan uang tunai.

Proses pertama, ketiga, dan keempat biasanya terjadi di ruang mesin ATM atau lokasi merchant ( toko yang bekerjasama dengan pihak bank ). Alat untuk mengambil data- data magnetik disisipkan di mulut lubang kartu ATM. Pengintaian user yang sedang memasukan PIN di lakukan oleh kamera yang di letakan di keyboard atau di dinding atap ruangan yang menghadap ke mesin ATM. Untuk menyamakan kartu ATM dengan PIN bisa dilihat dari jam, menit, dan detik perekaman. Sementara itu pembuatan kartu ATM duplikat bisa dilakukan dengan memakai printer IDcard yang bisa di beli secara bebas di pasaran.

Saat ini seputar wanita indonesia sedang trends dengan gaya hidup digitalnya salah satunya adalah penggunaan ATM, dan ini merupakan tips jitu untuk menghindari kejahatan ATM adalah dengan memperhatikan keamanan PIN. PIN atau password untuk mesin ATM berbeda dengan PIN atau password yang biasa di gunakan pada internet atau aplikasi lainya. PIN ATM hanya merupakan kombinasi angka nol ( 0 ) sampai dengan sembilan ( 9 ). Saat ini rata – rata bank meminta 6 digit walaupun masih ada beberapa bank yang menggunakan PIN 4 digit.

Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menjaga keamanan PIN

  1. Perhatikan surat pemberitahuan PIN dari bank. Surat harus diterima dalam keadaan utuh dan baik.
  2. Hancurkan kertas surat yang berisi PIN dari bank segera setelah kitamengganti dengan PIN yang baru. Yang perlu diingat : a). yakinkan tidak ada orang di sekitar kita pada saat membuat pin baru. b). hindari pembuatan pin dengan angka tanggal lahir pribadi atau orang terdekat, nomor dan alamat rumah ( RT, RM, dsb ), telepon pribadi atau plat nomor kendaraan, serta angka favorit ( 123456, 222222, 131313, dan seterusnya ). c). Jangan pernah memberi tahu PIN kepada orang lain bahkan petugas bank sekalipun. d). Jangan ragu menegur orang yang iseng mengintip ketika kita sedang memasukan PIN. e). Jangan penah menuliskan PIN dimanapun, lebih baik di hafalkan PIN tersebut. f). Ganti PIN secara berkala, bila perlu sebulan sekali.
  3. Segera melapor dan lakukan pemblokiran apabila ATM diketahui hilang.

Beberapa keteledoran yang harus di hindari

  1. Menulis PIN di kartu ATM, diary, dompet, dan ponsel.
  2. Menyuruh orang lain untuk mengambilkan uang di ATM yang membuatnya secara otomatis memberitahukan PIN kartu ATMnya.
  3. Panik sehingga mudah mudah terpancing mempercayai orang di sekitarnya yang sangat mungkin merupakan pelaku kejahatan yang sedang beroperasi.

Demi keamanan rekening Tabungan kita, ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat akan bertransaksi di ATM.

  1. Cari lokasi ATM yang relatif aman.
  2. Perhatikan kondisi fisik ATM dan kondisi di sekelilingnya. Apabila ada hal – hal yang mencurigakan, segera urungkan niat untuk bertransaksi dan kalau perlu laporkan hal tersebut kepada bank yang bersangkutan.
  3. Pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM di merchant, perhatikan kondisi alat EDC. Bila terdapat alat ( device ) mencurigakan yang menempel pada EDC atau semacamnya, lebih baik transaksi tidak di lanjutkan.
  4. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM. Waspadalah selalu.
  5. ATM yang aman adalah yang berada di dalam bank atau toko yang ramai di kunnjungi orang.
  6. Waspadalah bila ATM mengnaku “rusak / out of order” sehingga uang tidak bisa keluar, padahal anda telah memasukan kartu dan PIN. Jika hal tersebut terjadi, jangan berspekulasi dengan terus mencoba melakukan transaksi.
  7. ATM drive through adalah sasaran empuk untuk mencuri identitas kartu ATM karena pengemudi seringkali terburu – buru sehingga tidak memberi perhatian lebih.Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: