Potret Keindahan Alam di Pantai Papuma

20 10 2012

alievhTravel – Pantai di Indonesia memang terkenal dengan keindahannya. Bentuk batuan karangnya yang terkadang tak masuk akal tergambar jelas dan menakjubkan hampir di seluruh pantai Indonesia, salah satunya adalah Pantai Papuma.

Berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, gugusan batu karangnya yang berada di tengah laut memberikan daya tarik khas Pantai Papuma.Berjarak sekitar 45 km ke arah Selatan Kota Jember pantai ini juga memiliki suhu udara antara 25-32 derajat celcius.

Bila ingin melihat keindahan laut lepas Siti Hinggil kita bisa menyewa perahu nelayan. Batu karang dengan ketinggian lebih dari 50 mdpl dapat kita dunakan untuk melihat pemandangan objek wisata Pantai papmuma Gua Lawa yang memiliki kedalaman lebih dari 30 mdpl. Lokasi ini dapat dicapai pada saat air sedang surut. Konon, lokasi ini merupakan tempat bersemayamnya putri penguasa Laut Selatan, yaitu Dewi Sri Wulan dan tempat bertapanya Kyai Mataram.

pantai papuma

Selalin jejeran karangnya yang memesona, pasir putih dan panorama matahari terbenamnya semakin menambah keindahan yang sempurna. Ada juga, Hutan tropis (cagar alam) di sekeliling pantai yang selalu digunakan untuk Pekan Raya setiap tanggal 1-10 Syawal dan Larung Sesaji.

Selain pantai dan segala keindahan alamnya, Pantai Papuma juga memiliki beberapa fasilitas yang bisa menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut, seperti taman bermain, tempat kemah, souvenir, warung makan dan minum, kantor pengelola, musala, MCK, dan Tempat parkir.

Untuk kelengkapan akomodasi, jalan menuju Pantai Papuma sudah terbuat dari aspal. Sebenarnya, segala jenis kendaraan bisa melewati jalan ini. Akan tetapi, selama ini pengelolaan dan pengembangan Papuma terkesan dilakukan sekadarnya. Padahal kalau saja kawasan ini dikembangkan dengan baik, bukan tidak mungkin mampu mendatangkan pendapatan yang tidak kecil, baik untuk pemerintah daerah maupun Perhutani sebagai pemiliknya.

Keberadaan Papuma setidaknya bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan hasil kerajinan masyarakat dan makanan khas Jember. Sedang Perhutani sebagai pengelola sekaligus pemilik wisata Papuma, jelas akan mendapatkan keuntungan dari pendapatan penjualan atau penginapan.

Keindahan Papuma ternyata tidak hanya sebatas itu. Pada sisi lain dari kawasan ini, terdapat pantai dengan hamparan batu-batu kerikil. Pada bagian atas dari pantai berkerikil atau tepatnya di atas bukit, berdiri sebuah gubuk yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati hamparan luas laut selatan. Memang sangat disayangkan, potensi Papuma yang begitu indah, tapi belum digarap optimal.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: