Efek Kurang Tidur

20 10 2012

alievhHealth – bagi kesehatan sangatlah buruk, Ketika anda memiliki kualitas tidur yang baik, maka segala aktivitas tubuh dan aktivitas kehidupan sehari-hari akan berjalan lancar. Sebaliknya jika kualitas tidur buruk , berbagai efek negatif akan muncul. Inilah dampak buruk yang bisa anda alami jika waktu tidur anda kurang dari 7-9jam/hari, dan bila tidur anda tidak nyenyak.

1. Hasrat ngemil makanan berlemak meningkat.
Kurang tidur bisa melenyapkan hormon yang mengatur nafsu makan. Akibatnya keinginan menyantap makanan berlemak dan tinggi karbohidrat akan meningkat. Sehingga menyebahkan anda mengini\ginkan asupan kalori tinggi. Jika 2 malam tidur anda tidak berkualitas bisa memicu rasa lapar yang berlebihan. Kondisi ini terjadi karena merangsang hormon ghrelin penambah nafsu makan, dan mengurangi hormon leptin sebagai penekan nafsu makan. Seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan.

2. Antibodi menjadi lemah
Berdasarkan studi JAMA, mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam bisa 3 kali lebih rentan mengalami rasa dingin. Penelitian lain menemukan, pada pria yang kurang tidur akan mengalami kegagalan untuk menjaga respon imun atau kekebalan tubuh secara normal setelah menerima suntikan flu. Mereka yang kurang tidur, antibodi yang bekerja setelah dilakukan vaksinasi hanya bisa bertahan paling lama 10 hari. Kondisi tersebut sangat berbahaya karena itu perbaiki kualitas tidur, untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.

3. Rentan terserang diabetes
Gula adalah bahan bakar setiap sel dalam tubuh anda. Jika proses pengolahannya terganggu bisa menyebabkan efek buruk. Dalam penelitian yang dilakukan universitas Chicago,AS, yang meneliti sejumlah orang selama 6 hari, mendapatkn kondisi ini bisa mngembangkan resistansi terhadap insulin, yakni hormon yang membantu mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Mereka yang tidur kurang dari 6 jam permalam dalampenelitian 6 hari ini menemukan, terjadi metabolisme gula yang tidak semestinya. Akibatnya bisa menyebabkan timbulnya diabetes

4. Sters meningakat
Studi yang dilakukan Universitas Chicago juga menemukan “menutup mata” kurang dari 7 jam bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Bahkan pada sore atau malam hari dapat meningkatan denyut jantung, tekanan darah dan glukosa darah sehingga bisa memicu terjadinya hipertensi.

5. Risiko kanker lebih tinggi
Olahraga membantu mencegah kanker, tetapi terlau sedikit memejamkan mata dapat merusak efek pelindungnya. Johns Hopkins Bloomberg School of public health study meneliti hampir 6000 wanita selama sekitar 1 dekade dan menemukan bahwa pengemar olahraga yang tidur 7 jam atau lebih sedikit permalam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker daripada mereka yang rutin melakukan senam dan memiliki kualitas tidur yang baik. Pasalnya, kualitas yang buruk dapat menyebabkan gangguan metabolisme hormonal dan dikaitkan dengan resiko kanker.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: