Efek Penggunaan Softlens

20 10 2012

alievhHealth – Mata adalah salah satu indera terpenting pada setiap manusia. Seiring bertambahnya usia, kemampuan mata pun bisa menurun dan mengalami hipermetropi atau rabun dekat. Kurang sehatnya pola hidup dan perawatan mata serta cara membaca, banyak remaja dan orang dewasa yang mengalami penyakit miopi atau rabun jauh, biasa disebut juga dengan mata minus, dan mengharuskan mereka untuk menggunakan kacamata.

Banyak orang yang merasa bahwa menggunakan kacamata adalah merepotkan dan banyak yang menghindari untuk menggunakannya karena menganggap frame bisa membuat wajah mereka tampak buruk. Walaupun kini kacamata sudah menjadi sebuah aksesoris dan tidak hanya dipakai oleh penderita mata minus saja, namun sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan soft lens.

Walaupun tampilan mata bisa tampak lebih menarik dengan tersedianya berbagai macam model dan warna, namun penggunaan soft lens juga tetap memiliki efek samping pada mata. Seperti yang dilansir oleh Boldsky, berikut adalah beberapa efek samping tersebut.

Kebersihan
Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif. Jika kebersihan dari lensa tidak terjaga dengan baik, mata Anda bisa mengalami infeksi. Maka jagalah kebersihan soft lens Anda, sebelum dan setelah menggunakannya, agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan. Karena infeksi pada mata bisa menjadi lebih menyakitkan daripada bagian tubuh lainnya.

Mata merah
Ketika menggunakan soft lens, terkadang mata Anda merasakan sensasi seperti terbakar. Mata memang sensitif, sehingga ketika terkena debu mata mudah menjadi merah. Dengan menggunakan soft lens, mata yang merah tersebut bisa berlanjut kepada peradangan dengan cepat. Benjolan dan bengkak bisa timbul pada kelopak mata. Benjolan seperti itulah yang membuat Anda sulit untuk menggunakan soft lens kembali dan harus menunggu mata untuk sembuh seperti sedia kala.

Mata kering
Efek samping lain yang sering terjadi dari penggunaan soft lens walam waktu yang cukup lama adalah mata menjadi kering dan gatal. Kondisi tersebut pastilah tidak menyenangkan untuk melihat dan beraktivitas.

Alergi
Salah satu efek samping yang kerap tidak disadari oleh pengguna soft lens adalah alergi mata. Alergi berupa mata merah sering dialami ketika Anda melepaskan soft lens. Mungkin ini kerap terjadi pada mata Anda, namun hal tersebut sering tidak disadari dan tetap menggunakannya.

Soft lens sebenarnya tidak boleh digunakan lebih dari 8 jam setiap harinya, untuk menjaga mata tetap dalam keadaan sehat dan normal. Jangan lupa pula untuk mengganti soft lens secara rutin sesuai dengan kemampuan dari masa pakainya, ada produk yang bertahan hanya untuk 1 bulan, ada pula yang masa pakainya hingga 3 hingga 6 bulan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 102 other followers

%d bloggers like this: